R-1: Kiu en Ey about Ramadhan fii Jogja

Kiu: Assalamu'alaykum Mbak Miirrr..

Me: Wa'alaykumussalam Warohmatullohi Wabarokatuh. Iyaaa Kiuu..

Kiu: Pripun Kabare Mbak Miraa? Sudah lama sekali ndak main-main di blog ini, udah berlumut ini mbak blognya. Kayak nggak ada pemiliknya aja. Sibuk banget po, Mbak?

Me: Allhamdulillah Sae. Kamu sendiri apa kabarnya? Semoga sehat dan tetep semangat ya. Waahh.. iya nih,sibuk sama kuliah dan tugasan. Eh tepatnya sih sok sibuk #plak Tapi Allhamdulillah sekarang sudah agak selow soalnya sedang libur UTS sekaligus nyambut Ramadhan. Hehehe

Kiu: Insya Allah tetep semangat ini, Mbak. Apalagi buat nagih tulisan-tulisan Mbak. Waahh.. asiiik yang sedang libur. Libur kemana aja mbak? Ohya ngomong-ngomong Mbak ramadhan tahun ini di rantau kan ya. Cerita dong mbak!

Me: Sip Sipp.. Sering-sering aja ingetin  aku ya, Kiu. Soalnya suka khilaf dan abai sama komtimen buat nulis nih. Wahh.. kamu nanyain liburan kayak mau biayain aja. Iya betul Kiu, Ramadhan tahun ini Alhamdulillah dikasih kesempatan di Jogja. Kamu Ramadhan di mana Kiu? Eh bentar deh, kamu mau aku ceritain tentang apa dulu nih?

Kiu: Waah.. kalau terlalu sering ingetin mbak Mir, ntar aku udah kayak alarm aja nih Mbak. Huehue.. Oke lanjut Mbak. Ceritain gimana rasanya Ramadhan pertama di Jogja? Tapi setauku Mbak Mirr dulu juga pernah kan ya Ramadhan di rantau.. kalau nggak salah waktu itu sedang magang di Payakumbuh ‘kan?

Me: Oke oke lanjuutt.. Ramadhan pertama di Jogja rasanya ya seperti Ramadhan di tahun-tahun sebelumnya sih. Tapi yang bikin beda itu ya nggak  bareng keluarga aja. Tapi nggak sendirian juga kok. Kan masih ada Ibu Kos dan temen-temen satu kosan, allhamdulillah nggak yang terlalu gimana-gimana sih. Oh iya betul, dahulu pernah juga lewatin Ramadhan di rantau. Tepatnya di tahun 2014. Kok kamu inget sih, Kiu?

Kiu: Allhamdulillah.. berarti Mbak Mira nggak sendirian. Jangan kayak aku deh Mbak. Semuanya dijalani sendirian, hiks. Eh iyaa.. aku inget dong kalau Mbak dulu itu pernah merantau ke sumbar walau hanya 2 bulan. Hehehe... lanjut dong mbak, selain itu ada nggak sih yang bikin beda Ramadhan di Jogja sama di Bengkalis ?

Me: Yang sabar ya, Kiu. Insya Allah sendiri itu pertanda sebentar lagi berdua. Huehue... Ohya, kalau pertanyaan kamu apa yang bikin beda Ramadhan di Jogja sama di Bengkalis, ada nih jawabannya. Banyak sih menurutku yang bikin beda. 

Kiu.. Aamiinn.. Makasih lho Mbak doanya. J Ayoo Mbaak apa aja yang bikin beda. Nggak sabar pengen tahu. Kali aja tahun depan Kiu bisa Ramadhan di Jogja.. hihihi

Me: Mulai dari mana ya? Hmmm.. Mungkin dari nuansa ramadhan di sini kali ya. 

Kiu: Sipp Mbakk.. Sumonggoo

Me: Jadi beberapa malam kemaren aku bareng temen jalan-jalan di sekitaran kosan. Nah pas pulangnya mampir di masjid yang deket sama kos. FYI, masjid ini termasuk masjid besar di daerah sini. Kalau setiap sholat fardhu itu jama’ahnya mesti rame. Nggak cuma jama’ah laki-lakinya lho, tapi jama’ah wanitanya juga rame. Dan itu juga nggak hanya pas di sholat yang memang biasa rame lho (paham kan ya maksudku) kayak sholat Zuhur, Asar, Isya, Maghrib, tapi pas sholat Subuh juga rame. Masyaa Allaah. Di situ aja aku udah kagum banget sama tempat ini, apalagi warganya. 


Kiu: Masyaa Allah.. emang di Bengkalis nggak begitu ya Mbak?

Me: Setauku sih nggak. Apalagi masjid di samping rumahku yang di Pedekik. Kayaknya nggak ada jamaah wanitanya kecuali hari jum’at, malam ramadhan atau nggak anak-anak yang ikutan muhadoroh. Eh tapi kalau mau disamain, mungkin masjid ini mirip sama Masjid Istiqomah di Bengkalis. 

Kiu: (manggut-manggut sok paham) Oke lanjut Mbak...

Me: Oke.. Nah itu gambaran sekilas tentang masjidnya, biar kamu nanti jadi paham dengan penjelasanku selanjutnya. Jadikan pas jalan-jalan itu aku sengaja ngelewatin area masjid. Di situ deh aku dibikin terkejut dan terheran-heran (apasihmir) pasalnya nih masjid udah masangin spanduk jadwal penceramah sepanjang bulan Ramadhan. Eh itu bukan hal baru kali ya. Tapi bentar deh, sebetulnya yang bikin aku terkesima dan berdecak kagum adalah pengisi-pengisinya. Keren semua, Kiuuuu!!!

Kiu: Masa iya sih Mbak? Mana buktinyaa??

Me: Nih kalau kamu nggak percaya





Kiu: Uwaaahh... Mbaakk. Itu mau ceramah atau mau kuliah yaa?

Me: Nah itu dia Kiu.. aku juga sempet kepikiran begitu. Keren  nggak sih itu penceramahnya. Masyaa Allah banget daahh

Kiu: Iya Mbak iyaaa.. kok aku jadi pengen ramadhan di sana ya. Eh ituu ada kang Abik sama ustadz Cahyadi kan Mbak?

Me: Nah kaann.. kamu aja pengen apalagi aku. Iya Kiu, ada kang Abik sama Ustadz Cah. Ada ustadz Oemar Mita juga. Ah,, pokokmen wuapik kabeh seng ceramah kii.


Kiu: Beruntung banget Mbak bisa nikmati ramadhan bersama orang-orang keren dan hebat.

Me: Allahmdulillah bi’idznillah... eh tapi kamu harus tahu lho Kiu, ini tuh nggak cuma di masjid deket kosan. Yang begini juga ada di masjid kampus. Jadi di masjid kampus ku juga menjadwalkan penceramah sepanjang bulan ramadhan.

Kiu: Keren kereenn.. lanjut deh mbaakk..

Me: Okke.. langsung ke malam tarawih aja ya. Jadi tadikan aku udah bilang kalau masjidnya itu termasuk masjid besar di daerah sini. Jadinya aku mikir mesti nanti pas tarawih juga bakalan rame. Dan ternyata bener, Kiu. Ramee banget, mungkin juga karena malam pertama. Tapi yang bikin aku terkejut lagi, saking ramenya jamaah malam itu, panitia ramadhannya sampe gelar tikar di halaman parkir masjid. Ini sih khsusu untuk jamaah wanita. Karena memang jamaa wanitanya meluber dan space yang disediakan di dalam masjid tidak seluas jamaah laki-laki.

Kiu: Oohh.. begitu ya Mbak. Antusias banget ya warga di sana. Terus Mbak sholatnya di mana?

Me: Betul, Kiu. Nah aku kebagian sholat di halaman parkir masjid. Hiks hikss... tapi nggak apa-apa, sekali-sekali nyari suasana baru gitu kan. Padahal aku udah cepet datangnya lho tapi ya itu tadi, ternyata ada yang lebih cepet datangnya. Dan yang menariknya lagi, di pertengahan sholat suka ada pesawat lewat. Jadi kita tarawihnya ada backsound gitu. Hihihi 


Kiu: Hihihihi... semangat Mbak Mirr, Insya Allah kalau niatnya ibadah mau di dalam atau di luar masjid tetap dihitung pahala kan ya? Eh boleh juga tu backsoundnya Mbak. Hahaha

Me: Insya Allah Kiu, semoga terhitung sebagai amal sholeh. Aamiin


Kiu: Aamiinn.. Ohya Mbak, di sana tarawihnya berapa rakaat? Penasaran aku Mbak..

Me: Nah ini dia, aku tahu kamu mesti penasaran kan. Di sini tarawihnya 8 rakaat ditambah witir 3 rakaat jadinya 11, Kiu. Udah gitu setiap 2 salam, ada jedanya lho. Nah di jeda ini kita sama-sama berdoa yang diawali dengan Syahadat, Istighfar, permohonan untuk masuk syurga, perlindungan dari azab neraka, dan tak lupa permohonan ampunan untuk semua dosa-dosa yang pernah dilakukan. 

Kiu: Ooohh.. sama dengan yang di Bengkalis nggak Mbak?

Me: Jauuhh banget, Kiu. Di masjid samping rumahku itu sholatnya 23 rekaat sudah dengan witir. Dan setiap selesai salam akan ada iringan shalawat untuk baginda nabi, aku lupa sih itu namanya apa. Nah yang seperti itu nggak ada di masjid yang ini. Sudah gitu untuk surah-surah yang dibaca juga sama setiap tahunnya berikut dengan imam tarawihnya. Sedangkan di sini imam tarawihnya sih kemungkinan sama (soalnya aku nggak tahu, tapi kalau denger dari suaranya sih iya) dan surah yang dibacakan itu bukan surah pendek (kecuali witir) dan dibawakan versi timur tengah gitu. 

 Kiu: Waahh... kayaknya ini bikin betah Mbak Mira di Jogja deh.
 
Me: Ahh.. tau aja kamu. Sebenernya masih ada lagi lhoo.. tapi kita sambung next time ya..

Kiu: Sipp Mbakk.. bahas tarawihnya aja sepanjang ini ya. Gimana dengan yang lain ya. Hehehe Kiu tunggu lho Mbak Mirr,, jangan sampe nggak jadi. Kasihan nanti yang udah penasaran.

Me: Iyaa Insya Allah.. semoga Allah berikan kemudahan dan keridhoan untuk bisa berbagi hal-hal yang baik ya. Aamiinn

Kiu: Aamiin.. Okee Mbak, sampe ketemu Kiu di lain waktu yaa. Assalamu’alaykum Mbak Mirr

Me: Wa’alaykumussalam warohmatullohi wabarokatuh.



#RamadhanDay1 #QnA #AboutRamadhan #RamadhandiJogja #RamadhanHealingMe #RamadhanMubarak  #RamadhanKareem

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apa Kamu Bahagia?

-Sister From Another Mom- Chapter III (Contemplation)

Ketika Hujan Tiba